AYO mulai LATIHAN DARI PALING DASAR!
Hey Teman! masih berminat belajar biola? Nah, sekarang mari memulai langkah
dasar. Kali ini saya akan membahas sedikit tentang latihan dasar atau bisa
dibilang langkah pengenalan pada alat musik gesek ini.
Pada dasarnya semua
pemain biola mempunyai trik, cara, ataupun teknik tersendiri untuk mendapatkan
kenyamanan dalam memainkan biolanya. Mulai dari bagaimana memposisikan biola,
memegang busur, masalah nada, hingga teknik-teknik tertentu. Tapi yang perlu
diketahui, sebenarnya untuk mendapatkan kenyamanan dan kelancaran ada beberapa
aturan dalam penggunaan biola. Nah, pada tahap LATIHAN PALING DASAR ini saya
akan berbagi bagaimana semestinya kita menggunakan biola, karena latihan dasar
sangat menentukan latihan-latihan selanjutnya.
1. 1. Bagaimana Memposisikan Biola dengan Benar?
Posisi yang baik saat memegang biola yaitu posisi tubuh tegap
dengan dada sedikit dibusungkan (tidak bungkuk), usahakan kepala dan pandangan
tetap lurus kedepan. Singkatnya, pegang biola kemudian letakkan diatas bahu
jangan lupa pandangan tetap kedepan, lalu sedikit menoleh kekiri dan letakkan
dagu diatas chinrest.
Perhatikan jarak
biola diantara dagu dan bahu. Jika tidak menggunakan shoulder rest, bahu lebih
baik dimajukan bukannya diangkat keatas, kalau perlu kepala (dagu) sedikit
menunduk tapi jangan terlalu menunduk juga karena otot leher akan cepat tegang
atau kram.
Nah, lebih rinci
lagi cara memegang biola yang benar adalah sebagai berikut :
-
Posisi badan harus berdiri tegak dengan posisi
kaki sedikit terbuka
-
Telapak kaki membentu sudut 300 dengan
posisi kepala tegak menghadap depan
-
Letakkan biola diatas pundak kiri dan jepit
biola (diantara dagu dan pundak)
-
Usahakan tangan kiri leluasa bergerak
-
Rileks saat memainkan biola sehingga memberi
kesan positif
2. Memegang Busur Biola Dengan Benar.
ruland.wordpress.com |
-
Pegang bagian busur ditengah dengan menggunakan
tangan kiri, pastikan ujungnya mengarah ke sebelah kiri sedangkan pangkal ke
arah kanan.
-
Telapak tangan kanan dihadapkan keatas, dekatkan
ibu jari pada ruas jari tengah.
-
Balik posisi tangan kanan, lalu gerakkan tangan
kanan (seperti menggesek biola)
-
Ulangi gerakan tersebut dengan jari telunjuk
(tangan kanan)menyentuh bagian atas penggesek
-
Posisikan ibu jari tangan kanan dibawah kayu
penggesek dengan posisi jari yang lain tetap. Ibu jari agak melengkung dan
rileks.
-
Ujung dari kelingking diletakkan diatas pangkal
penggesek, lalu pastikan kelingking dalam keadaan rileks.
-
Perlu diketahui, jari telunjuk dan kelingking
berfungsi mengatur tekanan pada senar biola. Sedangkan jari tengah dan jari
manis lebih berfungsi untuk membantu telunjuk dan kelingking serta menguatkan
pegangan tangan pada penggesek biola.
13.
Posisi Jari Pada Fingerboard
Nah, disini kita mulai mengenal nada pada
biola. Posisi jari pada fingerboard menentukan nada apa saja yang akan keluar
ketika kita menggesek busur pada biola. Kita harus menghafal atau setidaknya
memahami posisi jari pada fingerboard. Kalau untuk pemula biasanya menandai
atau membuat fret sendiri pada fingerboard, ingat! Biola tidak memiliki fret
seperti gitar jadi supaya mudah, pemula sering menggunakan sticker atau type-ex
untuk menandainya. Mengapa kita harus memahami bahkan menghafal posisi jari
pada fret? Karena ini adalah pelajaran dasar yang harus dikuasai. Untuk lebih
jelasnya, saya akan tampilkan gambar posisi jari pada fret biola.
14.
Mencoba Nada Dasar Dawai Biola
Menggesek atau memetik dawai pada nada
terbuka yakni nada yang dihasilkan tanpa menekan senar dengan jari memiliki
suara yang khas dan berbeda dengan nada yang sama yang dibunyikan secara
tertutup atau ditekan oleh jari. Misal nada terbuka D si senar D dengan nada D
pada senar G. Penyebabnya adalah getaran senar yang lebih leluasa pada sadel
atas jika tidak dihalangi oleh jari tangan. Selain dari nada G rendah, yang
hanya memiliki satu cara untuk memainkannya, biasanya para pemain biola klasik
cenderung menghindari bunyi nada terbuka, karena nada yang dihasilkan lebih
kasar, terutama nada terbuka E dibanding nada-nada tertutup lainnya, selain itu
pemain juga tidak dapat menggunakan teknik vibrato pada nada terbuka, meskipun
terkadang bagi pemain yang sudah mahir hal semacam ini tetap memiliki
alternatif lain dengan cara melakukan teknik vibrato pada nada yang satu oktaf
lebih tinggi dari nada terbuka tersebut. Nah, untuk lebih jelasnya silahkan
teman-teman mencobanya sendiri. :)
15. Pemberhentian Ganda, Vibrato (Getaran), dan Nada Harmonik
Pemberhentian
ganda adalah istilah yang digunakan untuk teknik memainkan biola dengan
menggesek dua nada tertutup pada dua senar berbeda secara bersamaan, sehingga
menghasilkan bunyi kord. Teknik pemberhentian ganda juga dapat dimainkan dengan
satu nada tertutup dan nada lainnya merupakan senar terbuka. Tiga atau empat
nada juga dapat dimainkan secara bersamaan oleh pemain yang mahir, yang
masing-masing disebut dengan pemberhentian ganda tiga dan pemberhentian ganda
empat (dapat dimainkan secara bersamaan atau dengan melakukan teknik
pemberhentian ganda dua kali).
Sedangkan
vibrato atau getaran merupakan teknik menggetarkan senar dengan jari yang
menekan senar. Senar digeser (sambil ditekan) dengan cepat maju mundur hingga
menghasilkan suara getar, hal semacam itu disebut juga sebagai teknik vibrasi.
Ada
lagi yang namanya nada harmonik, nada harmonik pada biola dibunyikan dengan
menyentuh, ingat! Menyentuh bukan menekan senar pada posisi tertentu yang
menyebabkan dihasilkannya suara yang lebih tinggi dari suara nada pada posisi
yang sama jika ditekan.
Sekedar
saran saja untuk latihan dasar, lebih baik difokuskan dulu pada nada tunggal
kemudian vibrasi setelah lancar baru menganjak pemberhentian ganda . Tapi
setiap orang memiliki ciri khas dan kemampuan tersendiri jadi tetap tergantung
pada kemauan kita.
Sumber Tulisan dari :
http://lenteratralala.blogspot.com